Thursday, 12 January 2017

5 Tips Agar Terhindar Dari Stres

Penyebab stres sering dialami setiap orang, stres menyerang tanpa memandang usia mulai dari bayi sampai lansia sekalipun tidak luput dari stres. Stres sering terjadi ketika kita diperhadapkan dengan aktifitas yang menjerumuskan kita kedalam tekanan. Tiap kita yang mengalami stres, akan secara manusiawi berusaha untuk keluar dari stres yang kita alami. Agar stres yang kita hadapi dapat teratasi, kita harus mampu mengelola pikiran kita ketika stres itu datang.

Contoh dan penyebab terjadinya Stres, contoh stres yang sering dihadapi banyak kalangan antara lain stres ketika belajar atau menghadapi ujian, stres saat hamil, stres karna padatnya pekerjaan, stres karna keretakan hubungan dua pasangan yang saling mencintai, dan masih banyak lagi lainnya. Pertanyaannya apakah kita mampu untuk bangkit dan keluar dari tekanan stres didalam pikiran kita?.

Sebelum mengenal 5 tips Agar terhindar dari stres, kita patut meyakini diri bahwa semua orang tidak bisa lolos dari rasa stres, namun jangan sampai stres menguasai pikiran dan emosi dalam diri kita. Hal ini bertujuan agar stres yang menimpa tidak menjadi stres yang berlebihan dan bisa membuat kita menjadi depresi akhirnya.

Gambar 5 Tips Agar Terhindar Dari Stres

Jika dalam kehidupan keseharian kita merasa tertekan, ditimpa masalah, frustrasi maka berusahalah untuk mengelola stres pikiran untuk meredamnya. Memang untuk mengatasi stres tidaklah mudah namun semuanya bermuara pada bagaimana kita mengendalikan pikiran kita.

Selain mengendalikan pikiran kita ketika stres, ada pula cara menghilangkan dan mengelola stres agar dapat keluar dari stres dengan cepat dan ampuh, Berikut adalah 5 Tips Agar Terhindar Dari Stres yang wajib anda praktekkan :

1. Mengelola pikiran agar tenang dalam beraktifitas


Semua yang kita lakukan dengan terburu-buru pasti akan menuai hasil yang tidak menyenangkan, tidak terburu-buru bukan berarti kita lambat dan santai dalam beraktifitas, melainkan kita bisa melakukan aktifitas denga pikiran yang tenang dan sistimatis. Cobalah melakukan aktifitas anda dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan terencana. Menghindari dan menghilangkan stres dengan teratur dalam beraktifitas, maka akan melahirkan suasana tenang dalam bekerja dan menyelesaikan masalah. Tetap tenang dan tidak terburu-buru dalam beraktifitas bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya stres.

2. Tetap berpikir positif


Berpikir positif dapat memberikan energi postif untuk mengontrol dan mengendalikan pikiran anda untuk keluar dari stres. Selalu berpikir positif memang tidak mudah, apalagi jika kejadian atau masalah yang kita temui bukan masalah sepeleh. Dengan berfikir positif anda dapat mengendalikan pikiran untuk tetap memandang segala sesuatu dengan alasan yang tidak mengedepankan emosional.

3. Meluangkan waktu untuk sejenak rileks


Padatnya aktifitas seringkali menjadi momok dan pemicu paling utama untuk menjerumuskan kita kepada stres, Anda wajib untuk sejenak rileks dan keluar dari suntuknya aktifitas yang monoton. Mulailah belajar untuk menjadwalkan waktu kosong selama beberapa jam, atau seharian untuk sejenak menghilangkan kepenatan. Rileks bukan berarti anda tidak beraktifitas, namun aktifitas yang anda lakukan harus membuat anda rileks dan menyenangkan. Misalnya melakukan sesuatu yang menjadi hobi yang anda senangi.

4. Olahraga teratur


Olahraga adalah aktifitas yang dapat merelaksasi semua organ tubuh secara efektif, jika kita senantiasa  melakukan olahraga dengan teratur, dampaknya sangat baik bagi kesehatan, Olahraga dapat menyegarkan dan meningkatkan ketahan tubuh anda untuk beraktifitas. Jika anda adalah orang dengan tingkat kesibukkan tinggi maka cobalah untuk melakukan olehraga yang ringan dan tidak menguras tenaga.

5. Berserah diri dan berdo'a kepada Tuhan


Poin untuk menghilangkan dan mengatasi stres yang terakhir adalah poin yang menurut saya sangat berpengaru terhadap hidup kita. Sebagai manusia yang memiliki keyakinan, kita diwajibkan Tuhan untuk bekerja, selanjutnya tidak perlu memikirkan hasil yang akan kita raih dari usaha yang telah kita lakukan. Bertawakkal dan menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yakin bahwa Tuhan memberikan masalah sesuai dengan kemampuan hambanya. Berdoa, berusaha dan bertawakkal adalah kunci terakhir bagi setiap ummat manusia.


Semoga anda dapat mengatasi stres yang anda hadapi, ingatlah jang berlarut-larut dengan masalah, manusia terbaik adalah manusia yang mampu mengelola pikiran dan mengendalikan dirinya. Semoga "5 Tips Agar Terhindar Dari Stres" dapat anda aplikasikan ketika menemui masalah atau stres.


EmoticonEmoticon