Monday, 25 April 2016

Apakah CPNS / CASN Sudah Bisa Mengajukan Kredit di Bank?

Menjadi Pegawai Negeri Sipil selalu di incar banyak kalangan pencari kerja, ini disebabkan karena banyak kelebihan dan berbagai kemudahan jika telah menjadi PNS.  Yup.. salah satunya adalah selain memiliki penghasilan tetap dari gaji sebagai Pegawai Negeri Sipil, ada juga tunjangan-tunjangan yang bisa menambah pundi-pundi bagi mereka yang beruntung berprofesi sebagai PNS.

Namun jangan salah..!! dari uraian diatas tidak menutup kemungkinan PNS jauh dari problema hidup, nah untuk memenuhi kebutuhan pegawai bersangkutan seringkali PNS terkendala oleh berbagai macam persoalan. Beberapa persoalan yang seringkali terjadi misalnya ingin memenuhi kebutuhan perumahan, pendidikan anak, kebutuhan rumah tangga dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.

Baca Juga : Cara dan Prosedur Pengajuan Kredit PNS Ke Bank

Nah.. untuk memenuhi kebutuhan tersebut seringkali memaksakan PNS untuk mengajukan kredit di bank, solusi akhir yang seringkali menjadi point pilihan bagi PNS. Yang menjadi pertanyaan di benak teman-teman CPNS setelah atau sedang menyimak tulisan ini, pastinya menunggu penjabaran admin tentang  Apakah CPNS Sudah Bisa Mengajukan Kredit di Bank. Sabar yaa... 


Apakah CPNS / CASN Sudah Bisa Mengajukan Kredit di Bank?

Perlu diketahui jika kredit bagi PNS itu hal biasa dan lumrah, bahkan sudah banyak menempuh jalurnya untuk pengajuan kredit dengan SK PNS atau yang sudah memiliki SK 100% atau SK PNS. Nah kali ini admin ingin membagi beberapa pengalaman yang nantinya, pembaca sekalian bisa memahami jawaban dari pertanyaan diatas. Namun alangkah baiknya kita harus sama-sama memahami apa itu CPNS. Biar gak Bingung ya ..

Baca Juga : E-PUPNS Pendaftaran Ulang PNS : Tujuan dan Tahapan Serta Pedoman

1. APA ITU CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)


CPNS adalah mereka yang telah lulus tes atau seleksi masuk dan telah mendapatkan SK sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dengan gaji pokok yang menjadi haknya adalah sebesar 80%, sedangkan PNS adalah pegawai yang sudah mendapatkan SK sebagai PNS dengan standar gaji 100%. Nah jika anda sudah bisa memahaminya berikut pertanyaan inti dari tulisan ini:

2. Apakah Calon Pegawai Negeri Sipil Sudah Bisa Mengajukan Kredit di BANK? 


Jawabannya "Y A..  B I S A" Berdasarkan pengalaman ada teman saya yang mengajukan permohonan pinjaman ke bank atau yang kita kenal dengan istilah ekonominya KREDIT di Bank dengan menggunakan SK CPNS, saya kira alasan itu cukup kuat karena sudah pernah melakukan pengajuan.

3. Apa saja persyaratannya jika mengajukan kredit dengan menggunakan SK CPNS


Persyaratannya mudah kok tidak berbeda jauh dengan pengajuan kredit dengan menggunakan SK PNS,  namun jika anda masi bimbang saya akan mencoba menjelaskannya, jadi letak perbedaannya pada jenis SK yang harus di masukkan di bank, Jika PNS maka SK PNS yang akan di mintai oleh Petugas Bank, namun bagaimana dengan CPNS?. Jika pengajuannya saat anda masi CPNS maka SK yang dipakai untuk memenuhi syarat kredit di bank adalah dengan menggunakan SK 80% atau SK CPNS. 

4. Apakah ada syarat lain untuk pengajuan kredit dengan menggunakan SK CPNS? YA 


Syarat-syarat lain yang harus di penuhi antara lain :
  • SK CPNS Asli
  • Kartu Tanda Penduduk / KTP
  • Kartu Keluarga / KK
  • Kartu Pegawai / Karpeg (Jika ada)  
  • Taspen
  • Daftar Gaji
  • Rincian Gaji

Itu adalah beberapa syarat yang harus di penuhi saat pengajuan kredit di bank, ada juga persyaratan lain namun hanya berupa SURAT PERNYATAAN, biasanya surat pernyataan yang lainnya sudah disiapkan oleh pegawai bank, anda hanya tinggal melakukan pengisian penyataannya saja jika sudah ke bank untuk pengajuan kredit.

Demikian kiranya penjabaran singkat tentang Apakah CPNS Sudah Bisa Mengajukan Kredit di Bank? semoga dapat menjadi acuan dan langkah awal saat anda berminat untuk mengajukan kredit di bank dengan menggunkan SK CPNS.


EmoticonEmoticon